Total Pageviews

Monday 12 May 2014

ORIGAMI Cara Membuat Pesawat Model A

Kerajinan Tangan Melipat Kertas (Berkarya, Berkreasi, Menghasilkan Buah Tangan, Membuat Sesuatu, Mewujudkan Hasil Kerja).

Foto 10


Selamat bertemu kembali sahabat-sahabat setia dalam wacana pengetahuan dan pengalaman kali ini. Pasti sudah banyak cerita-cerita yang silih berganti selama ini dan memberikan warna dalam perjalanan hidup yang indah kita. Pernah kita tampilkan beberapa cara melipat kertas tentang :


-       Pembuatan Topi Type A

-       Pembuatan Topi Type B

-       Pembuatan Topi Type C
Cara membuat pesawat Model A. Sekarang segera kita mulai tentang cara melipat kertas untuk membuat salah satu jenis model pesawat yang kita sebut saja dengan Pesawat Model A.


Pesawat Model
Pesawat Model

ORIGAMI Cara Membuat Pesawat Model A. Berbagai macam cara untuk dapat menghasilkan karya seni dan berkreasi, menghasilkan buah tangan untuk membuat sesuatu. Salah satunya adalah seni melipat kertas menjadi bentuk Pesawat Model A.

Foto 1
Foto 1
ORIGAMI Cara Membuat Pesawat Model A. Foto 1 merupakan posisi awal kertas lipat. Letakkan kertas lipat sesuai dengan posisi seperti pada foto 1 sebelah kiri. Kemudian lakukan pelipatan kertas sesuai dengan tanda anak panah melengkung sehingga diperoleh hasil seperti pada foto 1 sebelah kanan.

Foto 2
Foto 2
Selanjutnya ikuti langkah seperti yang ditunjukkan pada foto 2. Setelah diperoleh lipatan miring kemudian kertas lipat dibalik seperti foto 2 sebelah kanan.

Foto 3
Foto 3
Kertas lipat yang sudah dibalik kemudian lakukan lagi pelipatan seperti yang ditunjukkan pada foto 3 sebelah kiri sehingga didapatkan hasil lipatan seperti pada foto sebelah kanan seperti bentuk segi tiga memanjang.

Foto 4
Foto 4
Pada foto 4 sebelah kiri menunjukkan hasil lipatan, lanjutkan dengan melihat bagian belakang kertas lipat kemudian tarik salah satu sisi kertas masing-masing kertas kiri dan kanan kearah keluar seperti yang ditunjukkan pada foto 4 sebelah kiri sehingga diperoleh hasil seperti foto 4 sebelah kanan.
Foto 5
Foto 5
ORIGAMI Cara Membuat Pesawat Model A. Lanjutkan pelipatan kertas seperti foto 5 sebelah kiri. Lipat kertas setengah bagian mengikuti tanda arah anak panah (seperti foto 5 sebelah kiri). Setelah didapatkan hasil lipatan seperti foto 5 sebelah kanan maka ikuti lagi tuntunan langkah pada foto 6.

Foto 6
Foto 6
Tinggal sedikit lagi proses pelipatan kertas hias akan segera selesai. Lakukan pelipatan kertas dengan cara dibagi dua sama besar sesuai dengan arah tanda anak panah sehingga didapat hasil lipatan seperti foto 6 sebelah kanan yang telah terlipat atau terbagi menjadi dua bagian yang sama besar.

Foto 7
Foto 7
Dengan bantuan alat tulis (seperti pena, ballpoint atau pinsil) kita buat garis bantu kira-kira berjarak 1 (satu) sentimeter dari bagian bidang yang rata (seperti pada foto 7 sebelah kanan) dan setelah garis bantu selesai digaris maka lanjutkan dengan melipat kertas lipat sebatas garis bantu tadi sehingga diperoleh foto 8.

Foto 8
Foto 8
Foto 8 ini merupakan hasil lipatan dengan menggunakan garis bantu pada foto 7. Maka proses pelipatan kertas lipat telah selesai dikerjakan. Lalu bagaimana cara untuk menerbangkannya ya ?

Foto 9
Foto 9
Foto 9 menunjukkan hasil lipatan Pesawat Model A. Foto sebelah kanan adalah foto pesawat model yang dibalik. Untuk menerbangkannya pegang dengan jari tangan pada bagian foto 9 sebalah kiri (pada bagian garis bantu yang dibuat berjarak satu sentimeter tadi).

Foto 10
Foto 10
Foto 10 merupakan macam-macam hasil lipatan kertas hias dengan menggunakan warna-warna kertas hias yag berbeda-beda warna. Bisa dihiasi dengan berbagai keinginan atau divariasi dengan :
  1. -       Menempelkan kertas-kertas hias model yang lain
  2. -       Memberikan coretan-coretan dengan alat tulis
  3. -       Memberikan warna dengan pensil warna
Foto 11
Foto 11
ORIGAMI Cara Membuat Pesawat Model A. Foto 11 merupakan salah satu hasil lipatan kertas model pesawat memakai kertas lipat hias dengan warna ungu.

Foto 12
Foto 12

Foto 12 merupakan salah satu hasil lipatan kertas model pesawat memakai kertas lipat hias dengan warna kuning.


Foto 13
Foto 13

Sekarang kita telah memperoleh hasil-hasil lipatan kertas hias dengan macam-macam variasi (pada foto 10 dan foto 13). Dengan cara melipat kertas yang mudah, cepat dan sederhana ini terus kembangkan kreasi sahabat-sahabat dan bisa memakai kertas dengan jenis yang lain seperti kertas dengan ukuran yang lebih besar, lebih tebal, lebih berwarna-warni atau dengan menggunakan kertas pembungkus boleh saja atau sangat dianjurkan untuk dilakukan agar hasil yang didapatkan bermacam-macam variasi tampilan warna.

Selamat mencoba dan silahkan untuk menanyakan apabila menemui kesulitan, semoga dapat membantu semua untuk berkreasi dengan mengunakan kertas hias.

BACAAN TERKAIT ADALAH :
PENDUKUNG LAIN :
Kata bijak. Patuh kepada guru adalah perbuatan yang terpuji.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca postingan 
“Origami Cara Membuat Pesawat Model A”

TERIMA KASIH
SAMPAI BERJUMPA KEMBALI


1 comment:

HTML/JavaScript


www.semuakatabijak.blogspot.com

Menambah wawasan akan pengetahuan & bermanfaat untuk kita semua.
Silahkan untuk mengunjunginya di www.semuakatabijak.blogspot.com
www.semuacara.com

www.membangunkatabijak.blogspot.com
Selamat Memasuki Tahun Yang Baru 2014
Terima Kasih.

Sammy

Memperluas Pengetahuan dan Wawasan Bersama
Manfaat Cara Tips Wisata Kuliner Kisah Kreasi Pencegahan dan lain-lain

My Blog List

Search This Blog