Total Pageviews

Wednesday 1 January 2014

Mengenali Tentang Pengakit Demam Berdarah Dan Masalahnya


Mengenali tentang pengakit demam berdarah dan masalahnya, penyakit demam berdarah tentu sering kita mendengarnya tetapi apakah pengertian dari penyakit demam berdarah itu sendiri? Penyakit demam berdarah adalah demam (panas) disertai dengan pendarahan di bawah kulit selaput hidung dan pada lambung yang di sebabkan oleh suatu virus dengue yang dapat ditularkan melalui nyamuk yang disebut dengan nyamuk aedes aegypty.
 
Cara penularan dari penyakit demam berdarah yang kerap terjadi bahwa penderita yang diserang penyakit demam berdarah ini di dalam darahnya mengandung virus dengue dan bilamana penderita ini kemudian digigit oleh nyamuk aedes aegypty maka adanya bibit penyakit turut terhisap masuk ke dalam tubuh nyamuk aedes aegypty. Jika kemudian nyamuk aedes aegypty tersebut menggigit orang yang lain maka orang lain itu akan dapat tertular oleh penyakit demam berdarah ini.

Ciri-ciri bahwa penderita terserang penyakit demam berdarah, beberapa diantaranya adalah secara tiba-tiba saja si penderita mengalami panas yang cukup tinggi dalam kurun waktu beberapa hari lamanya bisa antara dua hari hingga satu minggu, karena panas yang tinggi ini maka si penderita mungkin saja dapat mengalami hidung berdarah (terjadi pendarahan pada bagian dalam hidung), kadang-kadang muncul bintik-bintik berwarna merah pada permukaan kulit, bisa juga dibarengi dengan rasa mual dan keluarnya muntahan dari si penderita, ada rasa sakit pada bagian hati dan kadang disertai dengan buang air besar disertai dengan keluarnya darah, keluarnya keringat dingin pada anggota badan si penderita.
 
Tindakan-tindakan awal yang sebaiknya dilakukan apabila penderita terserang penyakit demam berdarah adalah melakukan pertolongan pertama terlebih dahulu dengan memberikan air minum putih sebanyak mungkin yang dapat dikonsumsi oleh si penderita, melakukan pertolongan dengan cara menempelkan atau meletakkan kain yang telah dibasahi dengan air dingin pada penderita pada dahinya agar dapat membantu demamnya turun (mengingat bahwa si penderita mengalami panas yang cukup tinggi), memberikan obat yang bersifat menurunkan panas, dan segera untuk selanjutnya penderita di bawa ke dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dan apabila terdapat kemungkinan bahwa penderita terserang penyakit demam berdarah maka akan diarahkan untuk di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan atau penanganan secara lebih khusus, mengingat bahwa akibat dari penyakit demam berdarah ini cukup serius karena penderita bisa menjadi bertambah berat sakitnya dan bahkan dapat menyebabkan kematian.

Ciri-ciri nyamuk Aedes Aegypty serta tempat hidupnya ini terlihat secara sepintas tidak berbeda dengan nyamuk yang sering nampak pada siang atau malam hari namun bilamana diamati dengan lebih teliti lagi bahwa nyamuk aedes aegypty ini memiliki beberapa ciri-ciri yaitu memiliki warna hitam dan berbintik-bintik putih, postur tubuh yang kecil (ramping), menggigit pada waktu siang hari, bila di dalam ruangan sering hinggap pada pakaian atau layar kain-kain yang bergelantung, bila di luar ruangan kadang terdapat di sekitar pekarangan taman atau tanaman, berkembang biak pada adanya air yang menggenang pada air yang bersih. Jadi perlu untuk kita lebih perhatikan akan adanya air-air yang tidak mengalir yang berada di sekitar lingkungan kita seperti adanya air dalam botol-botol bekas, dalam kaleng, penutup plastik, gelas-gelas minuman, air dalam timba, bak mandi, bak penampungan air, tempat pembuangan sampah yang berada di dalam area rumah hunian kita seperti tempat sampah yang mungkin berada di samping depan rumah atau juga tempat sampah yang berada di belakang rumah hunian rumah tangga yang biasanya pada musim penghujan juga terdapat genangan-genangan air hujan, tempat bunga, dan mungkin masih banyak lagi yang perlu untuk kita perhatikan tentunya demi melindungi keluarga kita dari adanya nyamuk aedes aegypty.
Nyamuk Aedes Aegypty
Nyamuk Aedes Aegypty
Tindakan pencegahan. Selain dengan memperhatikan tempat-tempat yang disenangi oleh nyamuk aedes aegypty yang dapat menularkan penyakit demam berdarah, mari kita perhatikan juga beberapa tindakan pencegahan yang dapat kita lakukan. Mengingat bahwa nyamuk aedes aegypty menyukai tempat-tempat seperti di atas tadi maka lakukan pembersihan pada tempat-tempat yang terdapat genangan air seperti tempat-tempat yang telah tertulis di atas, juga lakukan pembersihan bak kamar mandi sesering mungkin misalnya 1 (satu) minggu sekali atau seperlunya, bila sampah telah menumpuk sebaiknya segera lakukan pembuangan sampah di sekitar rumah pada tempat pembuangan sampah, mengurangi kain-kain yang bergelantung (pakaian-pakaian yang tergantung misalnya). Akan lebih baik lagi bagi kita untuk melakukan pemeriksaan kesehatan tubuh secara rutin karena akan bermanfaat bagi kondisi tubuh kita serta hidup dengan pola makan hidup sehat.

Kata bijak. Lebih baik melakukan tindakan-tindakan pencegahan sebelumnya agar dapat terhindar dari bahaya yang bisa kapan saja dan dimana saja muncul sewaktu-waktu daripada mengobatinya kemudian. Silahkan untuk meninggalkan pesan atau komentar yang bermanfaat bagi kita semuanya.Terima kasih.

No comments:

Post a Comment

HTML/JavaScript


www.semuakatabijak.blogspot.com

Menambah wawasan akan pengetahuan & bermanfaat untuk kita semua.
Silahkan untuk mengunjunginya di www.semuakatabijak.blogspot.com
www.semuacara.com

www.membangunkatabijak.blogspot.com
Selamat Memasuki Tahun Yang Baru 2014
Terima Kasih.

Sammy

Memperluas Pengetahuan dan Wawasan Bersama
Manfaat Cara Tips Wisata Kuliner Kisah Kreasi Pencegahan dan lain-lain

My Blog List

Search This Blog