Total Pageviews

Thursday 17 April 2014

Penyebab Kurang Rasa Percaya Diri

Mengenali tentang Rasa Percaya Diri (RPD) serta faktor-faktor apa saja yang sekiranya dapat menjadikan penyebab timbulnya Rasa Kurang Percaya terhadap diri sendiri.

Kepercayaan terhadap diri sendiri atau sering disebut dengan rasa percaya diri merupakan faktor penting bagi kita manusia dalam bersosialisasi dengan orang yang lain termasuk kepada diri sendiri. Kerap kali orang mengeluh dengan menceritakan rasa kurang percaya diri atau ada beberapa orang yang sering menyebutnya dengan Rasa Minder. Rasa kurang percaya diri sebaiknya memang dimiliki oleh masing-masing tiap orang. Rasa percaya diri merupakan kondisi mental (keadaan) terhadap diri seseorang yang mampu untuk memberikan suatu keyakinan yang kuat di dalam dirinya untuk melakukan sesuatu (berbuat sesuatu).

Beberapa orang yang tidak memiliki rasa percaya diri akan cenderung bersifat tertutup terhadap orang yang lain, kadang memiliki rasa kurang positif, meragukan akan kemampuan yang dimilikinya sehingga tidak dapat berkembang sebagaimana mestinya. Beberapa orang yang memiliki sifat rasa kurang percaya diri akan berpengaruh terhadap pertumbuhannya untuk dapat melangkahkan langkah maju dan masa depan yang mengalami hambatan, mengingat bahwa rasa percaya diri ini sangat berpengaruh bagi diri sendiri maka penting untuk kita dapat merubahnya secara bertahap tentunya, tidak instan dalam kurun waktu yang relatif cepat karena memerlukan proses-proses perubahan.

Bagaimana kita dapat bertumbuh dan berkembang dengan rasa percaya diri yang kuat? Beberapa hal penyebab timbulnya rasa kurang percaya diri dan bagaimana cara menyikapinya, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu. Memang banyak hal yang dapat menyebabkan timbulnya rasa kurang percaya diri dan oleh sebab itu  pada kesempatan kali ini kita akan mencoba memaparkan beberapa diantaranya, yang antara lain :
  • Rasa kurang percaya diri dapat disebabkan karena rasa kurangnya penerimaan akan diri sendiri terhadap suatu tekanan atau masalah yang bisa kapan saja terjadi (bukan menyerah pasrah dengan keadaan yang terjadi) melainkan berusaha untuk dapat menerima dengan lapang dada.
  • Rasa kurang percaya diri dapat disebabkan karena perasaan yang sering muncul dalam dirinya sendiri dengan melihat segala kekurangan diri sendiri dengan membanding-bandingkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki orang lain (bahwa dirinya selalu saja lemah).
  • Rasa kurang percaya diri dapat disebabkan karena kurang mendapatkan perhatian dalam keluarga, tidak didengarkan, tidak mendapatkan kesempatan untuk berbicara, tidak mendapatkan kesempatan untuk bersikap, tidak mendapatkan kesempatan untuk diberikan pujian, tidak dipercaya dan sering disalahkan.
  • Rasa kurang percaya diri dapat disebabkan karena pengalaman waktu yang lalu seperti pernah melakukan kesalahan dan trauma.
Penyebab kurang percaya terhadap diri sendiri bisa saja berawal dari dalam keluarga yaitu kurangnya rasa kepedulian, kurangnya rasa kasih sayang yang membuat anak jarang-jarang menerima pujian, cara didik yang datangnya dari orang tua kepada anak-anaknya, mungkin juga sering disalah-salahkan, sehingga anak kemudian mencari cara atau jalan keluar diluar lingkungan keluarganya diluar rumah. Rasa kurang percaya diri dapat disebabkan dari rasa kurang mendapatkan perhatian dalam keluarga. Baik di dalam pembicaraan antara anggota keluarga yang saling menghargai satu dengan yang lain, mendapatkan kesempatan untuk didengarkan, mendapatkan kesempatan untuk berbicara, mendapatkan kesempatan untuk bersikap, mendapatkan kesempatan untuk diberikan pujian dan rasa yang menyenangkan, sering disalahkan.

Berikut ini akan dipaparkan mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu kita dalam mengatasi sikap rasa kurang percaya diri yaitu tentang Tips Meningkatkan Rasa Percaya Diri serta Tips Mengatasi Rasa Kurang Percaya Diri.

Kata bijak. Masalah bisa kapan saja muncul secara tiba-tiba dan masalah bisa muncul dimanapun, mawas diri sangat diperlukan dalam segala kondisi.

Catatan peristiwa pada Hari Rabu tanggal 09 April 2014 diselenggarakan Pemilihan Umum secara Nasional (Indonesia) yang meliputi DPR, DPRD I Provinsi, DPRD II Kota (Kabupaten) , DPD. Mulai upacara prosesi 07.00 Waktu Indonesia Barat (WIB). Pemungutan suara pada Tempat Pemungutan Suara (TPS) setelah upacara prosesi sekitar 08.00 WIB. Berakhirnya pemungutan suara 13.00 WIB. Hasil penghitungan cepat sampai dengan 18.00 WIB.

Pendukung Bacaan Artikel Terkait :
Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca postingan yang berjudul Penyebab Kurang Rasa Percaya Diri, semoga dapat membantu dan menambah wawasan pengetahuan kita.

1 comment:

HTML/JavaScript


www.semuakatabijak.blogspot.com

Menambah wawasan akan pengetahuan & bermanfaat untuk kita semua.
Silahkan untuk mengunjunginya di www.semuakatabijak.blogspot.com
www.semuacara.com

www.membangunkatabijak.blogspot.com
Selamat Memasuki Tahun Yang Baru 2014
Terima Kasih.

Sammy

Memperluas Pengetahuan dan Wawasan Bersama
Manfaat Cara Tips Wisata Kuliner Kisah Kreasi Pencegahan dan lain-lain

My Blog List

Search This Blog